Senin, 28 April 2014

5 Tips Cara Merawat Laptop Agar Lebih Bertahan Lama

Laptop bagi banyak orang merupakan perangkat yang intensitas kerjanya sangat tinggi. Walau saat ini mulai beralih dari laptop ke tablet ada sisi laptop yang memang tidak bisa digantikan oleh tablet. Untuk kegiatan mengetik, editing foto, melihat video dan beberapa kegiatan lainnya masih lebih nyaman menggunakan laptop. Apalagi orang yang bekerja menulis misalnya menulis novel, komik, artikel dan lain-lain. Pasti merasa lebih nyaman menggunakan laptop dari pada tablet.
Walau Anda sudah membeli gadget baru entah itu laptop atau tablet sepertinya laptop pertama Anda atau laptop yang paling lama bersama Anda memiliki ikatan emosional. Jadi, sudah selayaknya kita memberikan perawatan yang layak padanya. Kecuali memang Anda tidak cinta pada laptop Anda. Baiklah, mari kita lihat bagaimana cara merawat laptop agar awet dan tidak gampang rusak.

1. Perlakukan Laptop Anda dengan Hati-Hati


Cara merawat laptop yang pertama adalah memperlakukan laptop Anda dengan hati-hati. Laptop merupakan perangkat yang rentan. Ini karena dia adalah perangkat portable jadi, hardware didalamnya tidak setangguh desktop. Kerusakan yang sering terjadi pada laptop adalah layar patah atau pecah, engsel layar dan body patah, keyboard yang rusak atau tombol-tombolnya berlepasan, power suplies dan yang paling sering adalah hardisk yang failed. Mengapa? Karena hardisk sebenarnya tidak boleh terlalu banyak menerima guncangan. Laptop di dalam tas kita sering mendapat guncangan, apalagi bila Anda pengendara motor.
Karena dari itu perlakukanlah laptop Anda dengan hati-hati. Meletakkannya di atas meja dengan hati-hati, memberinya cooling pad, menaikkan layar atau menutup layar dengan hati-hati dan lain sebagainya. Ini pasti membuat hardware pada laptop Anda lebih bertahan lama.

2. Bersihkan hardware laptop sebisanya


Ini salah satu bagian penting merawat laptop. Ruang di dalam laptop sangatlah sempit. Dan banyak terdapt lubang. Kita tidak akan bisa menghalangi debu-debu tersebut masuk kedalam laptop. apalagi Anda seorang perokok. Abu rokok akan memenuhi fan laptop Anda dalan waktu satu bulan. Beruntung bila Anda memiliki vacum cleaner. Ini cukup membantu menyedot debu yang ada di dalam laptop tetapi tetap tidak akan sebersih bila laptop dibuka.
Membuka laptop sedikit sulit. Bila Anda masih menyimpan buku panduan, itu akna cukup membantu. Anda juga bisa mendapat bantuan melalui YouTube atau Google cara membuka laptop Anda. Setiap laptop berbeda cara membukanya. Bila itupun tidak ada, kunjungilah website resmi laptop Anda dan tanyakan kepada mereka.
Hati-hati dalam membuka laptop. Bersihkan juga secara hati-hati. Pastikan semua terpasang dengan benar. Agar tidak salah memasang, fotolah langkah demi langkah ketika membuka latop atau buat videonya.

3. Jaga OS Anda


Keluhan yang sering terjadi pada laptop adalah kinerjanya semakin melambat. Ini bukan tidak berpengaruh pada hardware. Bila kerja laptop Anda melambat berarti kerja harware harus lebih kuat. Ini bisa di atasi. Ada banyak trik mempercepat kinerja Windows 7 dan 8 yang ada di internet. Anda tinggal mempraktekkannya saja. Hal yang paling signifikan dalam mengatasi kinerja yang lambat adalah meng-instal ulang OS Anda atau bila tidak memungkinkan update drivernya. Satu yang perlu kita tahu, terlalu sering menginstal ulang OS juga tidak baik bagi hardisk

4. Jalankan Software Reguler dan Update OS-nya


Seperti yang sudah dibahas di atas. Software berpengaruh kepada hardware. Bila beban software yang ada di komputer Anda terasa berat maka hardware Anda harus bekerja lebih berat dalam rangka agar tidak terjadi lemot pada laptop Anda. Bila tidak berhasil diakan terus berusaha hingga batas yang memang sudah ditentukan. Tentu ini akan mempercepat laptop Anda rusak.
Satu hal yang penting. Installah antivirus, anti malware dan scanner chek di lapto Anda. Ini berguna untuk menjaga sistem dan membuat laptop Anda bersih dari gangguan. Apalagi saat ini jaman digital, Anda mungkin sering belanja online, bisnis online, akun jejaring sosial dan sebagainya akan lebih aman dengan adanya antivirus.

5. Upgrade hardware laptop Anda


Yang paling mudah untuk di upgrade adalah RAM. Mengupgrde RAM berarti membuat kinerja laptop Anda semakin ringan. Apalagi Anda membeli RAM yang teknologinya lebih maju jaid bisa mengurangi pemakaian sumber daya. Kalau memungkinkan, Anda juga bisa mengupgrade VGA. Tetapi biasanya VGA laptop tidak bisa di up lagi kecuali bagi kebanyakan laptop gaming dan disain. dan kalau memungkinkan lagi, ganti hardisk Anda menjadi SSD. ini sangat jauh berbeda sekali dengan HDD. dari segi konsumsi energi dan kecepatan SSD menang telak.
apapun yang bisa diupgrade dari laptop Anda upgradelah. sebagai catatan, hardware yang Anda pasangkan haruslah cocok dengan laptop Anda. Bila ragu belilah merek yang sama atau upgradelah di toko resmi Asus. Mereka lebih bisanya lebih tahu hardware apa yang cocok dengan laptop Anda

semoga bermanfaat, terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar